Saturday, 15 June 2024
above article banner area

METODE EFEKTIF MENGOBATI KETERGANTUNGAN SMARTPHONE

NAMA          : MAHENDRA RISQI ALIFTIAWAN

OFFERING   : E9

NIM               : 210512520020

 

METODE EFEKTIF MENGOBATI KETERGANTUNGAN

SMARTPHONE

 

Perkembangan teknologi informasi sangat berkembang dengan di cepat di era ini seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu dalam bidang infromasi dan komunikasi. Dengan berkembangnya teknologi juga memnpengaruhi perkembangan terhadap masyarakat dari yang tradisional menjadi modern,kalau jaman dahulu  memberikan pesan atau sebuah informasi sangatlah memerlukan waktu yang lama karena menggunakan metode surat-menyurat. Dengan berkembangnya teknologi maka cara berkomunikasi sudah ada dtingkat modern dengan adannya smartphone/handphone.

Salah satu kemajuan teknologi yang berkembang sangat cepat ialah telepon genggam. Dengan adanya handphone ini mempermudah untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh atau gampangnya tidak mengenal jarak. Handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi ,tetapi dapat juga mengakses internet,sms,foto dll.

Handphone juga memiliki dampak postif dan negative. Dampak positif diantaranya adalah dapat mempermudah komunikasi,menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi,memperluas dan mempererat silaturahmi. Dan dampak negativenya adalah menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat,kurangnya sosialisasi secara langsung dan dapat membuat ketergantungan pada smartphone/handphone,cyber krime dapat terkena siapapun.

Peran islam didalam perkembangan teknologi sangatlah penting  pada dasarnya adalah untuk menjadikan aqidah islam sebagai ilmu pengetahuan. Bukan berarti aqidah islam sebagai sumber acuan ilmu pengetahuan, melainkan menjadi landasan bagi ilmu pengetahuan.Handphone dengan segala kecanggihannya telah menjadi peran yang sangat penting dan memberikan keuntungan yang besar seperti penghematan waktu,biaya,dan transportasi Para ulama pun telah membahas masalah telpon ini beserta adab adab dalam menggunakan handphone/smartphone ini. Dan harus memperhatikan yang perlu dijaga dan penting dari cara penggunaannya.

Kita hidup didunia ini pada dasarnya untuk beribadah kepada Allah SWT. Seperti sholat,puasa dan menuntut ilmu.dan menuntut ilmu adlah suatu kewajiban bagi manusia dikarenakan didalam hidup perlu membawa bekal agar tujuan hidup jelas dan terarah. Ilmu adalah kehiduapan islam dan keimanan. Maka kita sebagai umat muslim boleh memanfaatkan teknologi untuk mencari ilmu dan memenuhi kebutuhan selama dalam syariat islam.

Sebenarnya handphone sama seperti telepon seluler biasanya. Hanya saja handphone memiliki beberapa fasilitas khusu yang tidak dimiliki telepon rumah. Hal yang sangat membedakan dari segi privasi,Tentu saja handphone memiliki tingkat tinggi.Handphone merupakan suatu anugerah yang besar dikarenakan bisa mempermudah atau mempercepat menyelesaikan segala urusan. Tapi tidak bisa dipungkiri adanya factor factor yang menyebabkan hilngnya nikmat syukur pada anugerah besar ini.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar penggunaan handphone memberikan manfaat dan selalu berkah,serta tidak menyebabkan kemudharatan bagi pengguna

Beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam penggunaan handphone ini menurut Syaikh Dr. Bakar Abu Zaid:

  1. Menyingkat pembicaraan, untuk menghindari pemborosan pada uang/pulsa jika tidak keperluan yang sangat penting atau mendesak.
  2. Tidak menyusahkan penerima telepon, untuk menghindari pikiran yang jelek dari si penerima telepon
  3. Menjaga perasaan penelepon dan tidak membuatnya tersinggung
  4. Mematikan ponsel atau menonaktifkan suara dari handphone, untuk tidak mengganggu orang dan menghargai orang lain.
  5. Tidak menggunakan ponsel pada saat berada di forum besar.
  6. Jangan merekam pembicaraan atau merekam video tanpa izin dari yang direkam, untuk menghargai privasi mereka
  7. Menjaga sopan santun dalam menulis pesan
  8. Meneliti kebenaran suatu pesan atau informasi yang didapat di handphone, untuk menghindari kepalsuan atau hoax yang bisa berujung fitnah
  9. Hindari pesan pesan yang tidak baik seperti mengirim gambar porno,kata kata jorok,celaan dll.

Jika kita menggunakan handphone untuk kebutuhan, kita harus bisa mengamalkan adab adab seperti yang diatas tadi. Ketika kita menggunakan dengan bijak makai slam pun memandang handphone sangat bermanfaat dan berkah karena sangat memudahkan kita untuk menyelesaikan urusan dengan baik dan benar. Apabila penggunaan handphone untuk kemaksiatan maka islam memandang handphone sebagai kemudharatan.

Dengan segala sesuatau keuntungan dari handphone ini seharusnya kita bisa menggunakan dengan baik, akan tetapi pada generasi kali ini kebanyakan menggunakan hp secara berlebihan dan juga bermaksiat sehingga bisa menyebabkan ketergantungan pada handphone. Pada dasarnya ketergantungan pada handphone sangatlah tidak baik. Di islam juga mengajarkan bahwa “sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik”. Karena bisa melalaikan kegiatan yang lain atau yang lebih bermanfaat. Sehingga penggunaan handphone hendaklah sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan porsinya.

Dan sekarang penggunaan handphone lebih banyak digunakan untuk bermain game. Dampak dair game sebetulnya ada negative dan postifnya.

Dampak positif dari game diantaranya:

  1. Membuat lebih mengenal teknologi
  2. Dapat memberikan ilmu dalam hal mengikuti arahan dan aturan
  3. dapat menyelesaikan untuk pemecahan masalah dan logika
  4. Latihan pengguna saraf motoric spatial skill
  5. Dapat belajar berbicara atau Bahasa lainnya
  6. Menghibur dan menyenangkan.

Meskipun dampak positif dari game berpengaruh bagi sosial tetapi banyak sekali orang atau anak anak remaja yang masih bermain game secara terus menerus. Dalam QS Al-Isra ayat 27 yang artinya “sesungguhnya pemboros-pemboros itu adlah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada tuhannya”. Dari sini kita sudah bisa menyimpulkan segala hal yang tidak bermanfaat atau berlebihan adalah bentuk dari setan agar hidup kita adalah hal yang sia sia. Pada dasarnya bermain game tidaklah diharamkan, tetapi juga harus ada porsinya.

Adapun cara agar kita bisa mengurangi ketergantungan pada handphone agar kita tidak melakukan hal yang sia-sia

  1. Memperbanyak ibadah
  2. Mengurangi pemakian secara bertahap.
  3. Melakukan kegiatan yang tidak menggunakan handphone
  4. Mengurangi dan membatasi kuota internet
  5. Membatasi waktu penggunaan handphone

Dengan begitu insyallah kita bisa mengurangi ketergantungan pada handphone / smartphone. Memang sangat sulit untuk melakukannya tapi manusia juga perlu proses untuk melakukannya .

 

 

 

 

 

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *