Saturday, 15 June 2024
above article banner area

PEREMPUAN

ARTIKEL

Nama : Amanda Salsabilla Marshanda

NIM : 210523617213

 

PEREMPUAN

 

Didunia Ini seorang perempuan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, bagaimana pun kita adalah seorang anak yang terlahir dari Rahim seorang perempuan yang hebat. Tidak meragukan lagi bahwasanya islam sangat memuliakan seorang perempuan dan menetapkan dalam kedudukan yang tinggi. Agama islam menjaga dari Tindakan pelecehan kehormatan seorang perempuan dan memenuhi hak secara penuh. Dengan itu islam sangat memuliakan seorang perempuan. Karena perempuan menurut islam merupaklan dasar masyarakat yang sangat baik.

Perempuan disebut juga wnita, putri, istri (jika sudah menikah), ibu(jika sudah menikah). Perempuan memiliki hati yang lemah lembut, kulit halus, tulangnya lemah senti, dan berbeda dengan sususnan laki – laki.  Menurut Muhammad Husain Faddullah perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam kemanusian di kepribadiannya, karena itu merupakan sisi yang akan merealisasikan semua ciptaan Allah SWT untuk dilaksanakan dalam kehidupannya.

Menurut Yusuf Qaradhawi perempuan adalah makhluk yang sama seperti laki-laki, melakukan amalan sholehah dan akan mendapatkan balasan yang sama dengan laki -laki. dan menurut Hamka bahwa perempuan adalah makhluk Allah SWT yang dimuliakan derajatnya, terhormat dan sempurna, dan diberikan keistimewaan sehingga mempunyai kedudukan yang sama dengan laki-laki dalam hal amal sholeh. Sedangkan menurut Wahyu Ilahy memproklamirkan bahwa perempuan ialah manusia yang mempunya kecakapan untuk menerima hak- haknya (sempurna), dan memiliki unsur yang aktif dalam kebangunan masyarakat serta keutuhan dan kesejahteraan.

Secara filsafah perempuan atau wanita ialah makhluk humanis, tetapi tidak berarti lemah dalam melakukan suatu hal yang sulit, dalam berbagai macam profesi apapun perempuan sebagai nomor satu. Dengan hal itu setatus sosial perempuan yang di atas tentu menjadi kuat dan professional dalam melakukan suatu aktivitas.

Didalam alquran sendir banyak pengistilahan untuk kaum perempuan. Kata perempuan sendiri memiliki tiga kata dalam yang dilihat dari aspek tekstual, namun  memiliki arti yang sama jika dilihat dari aspek kontekstual. Kata “ الوساح ” dan عبءٌال berarti perempuan yang telah matang atau dewasa sedang أ ضي ًال berarti perempuan secara umum dari yang masih bayi sampai yang masih lanjut. Dalam perbedaan secara tekstual ini tidak akan sampai merusak subtansi dari makna konstektual dalam menilai perempuan secara utuh, namun dapat dikombinasikan melalui nilai–nilai esensial ,spiritual, dan kultural budaya yang dimiliki oleh wanita atau perempuan.

Di tengah kegelapan moral terhadap perempuan yang menelan dunia, islam dating dengan membaswa pencerahan, sehingga turunya wahyu yang bertujuan untuk meluruskan sikap berprilaku terhadap perempuan dan akidahnya.

Allh SWT berfirman :

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Artinya : Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan lakilaki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. ” (QS: An-Nisa@ (4) : 1 ).

Ibnu Katsir telah menafsirkan bahwa Allah SWT memerintah umatnya untuk bertaqwa. Dengan menciptakan Nabi Dama As dan Siti Hawa, dan memeperbanyaknya Allah SWT menyebarkan ciptaanya di seluruh dunia dengan beranekaragam perbedaan dari warna kulit, bentuk tubuh, Bahasa dan RAS Allah SWT telah mengingatkan makhluknya atas kekuasaan- Nya.

Menjadi seorang perempuan bukanlah suatu hal yang merugikan ataupun aib. Seorang perempuan dan laki – laki memiliki kedudukan yang sama dalam islam, keduanya merupakan sama- sama ciptaan Allah SWT. Di dalam kehidupan ini tanpa hadirnya seorang perempuan tidak akan lengkap ataupun sempurna, karena seorang perempuan dan seorang laki – laki harus saling melengkapi dalam menjalankan kehidupan sehari – hari dengan rido Allah SWT.  Oleh karena itu alquran sangat melarang dan menentang bahwasnya menjadi seorang perempuan itu merupakan aib bagi kehidupan dan menyia – nyiakan kelahiran seorang bayi perempuan ke dunia ini seperti firman Allah SWT. Yang tertera  dalam la quran surah An-Nahl ayat 58-59.

وَاِذَا بُشِّرَ اَحَدُهُمْ بِالْاُنْثٰى ظَلَّ وَجْهُهٗ مُسْوَدًّا وَّهُوَ كَظِيْمٌۚ

يَتَوَارَىٰ مِنَ الْقَوْمِ مِنْ سُوءِ مَا بُشِّرَ بِهِ ۚ أَيُمْسِكُهُ عَلَىٰ هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ ۗ أَلَا سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ

Yakni : (58) Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. (59) Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)?. Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.

Perempuan dan laki – laki memiliki tugas dan peran penting masing – masing di dalam agama. Peran dan tugas penting inilah yang membuat kedudukan laki – laki dan perempuan setara. Bahkan saat islam datangkaum perempuan dihormati dan ditinggikan, hal itu sesuai dengan firman Allah SWT.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا

Terjemah : Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak  menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. An-nisa@ (4) 19).

Hamkan telah menafsirkan ayat tersebut, di dalam tafsirannya menjelaskan bahwasanya hak perempuan dilindungi dan mereka tidak boleh diperlakukan sewenang – wenangnya saja. Dalam pergaulan, perempuan harus dijaga dan menjaga kehormatanya. Dan menegakkan pergaulan yang sopan santun agar menjadi suri tauladan bagi yang lainnya.

Di dalam surat Al -Imron terdapat ayat yang menjelaskan kedudukan seorang perempuan dan laki – laki yaitu firman Allah SWT.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

Artinya  : Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).(Qs. Ali Imro@n (3):14)

Hamka telah menafsirkan ayat tersebut , di dalam tafsirannya telah dijelaskannya kedukan seorang perempuan dan laki – laki. Allah SWT telah memberi kedudukan yang sama antara perempuan dan laki – laki, perempuan dan laki – laki tidak memiliki perbedaan sama sekali di dalam ayat tersebut. Seorang perempuan dan laki – laki akan mendapatkan hak yang sama yakni hak saling menyayangi satu sama lain.

Namun pad zaman sekarang ini perempuan banyak yang yang direndahkan, seorang perempuan saat ini banyak yang dianggap sebagai pemuas  nafsu, budak, dan lain sebagainya. Padahal dalam alquran sudah tertera bahwasanya kedudukan perempuan antara laki – laki setra tidak ada pembedanya, tapi stikma masyarakat saat ini tidak menjuru ke situ. Banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi pada perempuan telah membuktikan jika seorang laki – laki mereka merasa memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan perempuan, padahal itu salah.

Seorang perempuan seharusnya dijaga dan dihormati baik ke ibu, nenek, kakak, dan semua orang perempuan yang ada didunia ini, tidak hanya keluarga saja melainkan semua perempuan yang ada harus kita jaga dan kita hormati. Buakankah seorang perempuan merupakan berlian dunia akhirat. Seorang perempuan memiliki jasa yang sangat banyak. Tapi saat ini kasus pelecehan seksual terhadap perempuan semakin meningkat , entah itu karena factor eksternal ataupun factor internal. Seharusnya pelaku yang telah merugikan seorang perempuan itu ditindak secara hukum.

Pergaulan perempuan zaman sekarang juga sudah sangat meresahkan , banyaknya anak kecil atau anak yang masih dibawah umur mengerti hal – hal yang seharunya dia belum untuk saatnya dipraktekkan malah dipraktekan. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kemajuan teknologi dan kurangnya pengawasan saat anak mengunakannya.

Pada zaman sekarang kita sebagai generasi muda banyak yang acuh terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar, disebabkan karena kemajuan teknologi yang pesat saat ini dapat mempengaruhi pola piker generasi kita atau pun anak yang masih dibawah umur. rasa kepedulian yang menurun dan penyalahgunaan terhadap teknologi mengakibatkan banyak hal yang terjadi apalagi kepada Wanita. Beberapa hal yang menyebabkan penyalahgunaan teknologi yakni banyak para orangtua yang membelikan gandget kepada anak – anak nya yang masih dibawah umur atau belum layak menggunakan gendget dengan alasan agar mereka mudah menyelesaikan urusan atau pekerjaan mereka. Dengan cara begitu anak- anak yang telaah dipegangi gadget dengan pengawasan orantua yang sangat minim menyebabkan penyalahgunaan.  Kemaajuan digital ini sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari , pengaruh itupun tidak memenadang usia, karena itu kita sebagai generasi muda harus lebih hati – hati lagi dan lebih mengolah dengan baik informasi apa yang masuk di gadget kita.

 

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *