Saturday, 15 June 2024
above article banner area
Para Guru bahasa Arab siap melakukan pelatihan

Peningkatan Kualitas Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Pengembangan Learning Management System Berbasis Self-Directed Learning Pada Guru Bahasa Arab Tingkat Sma Di Kabupaten Tuban

Tuban, 4 November 2023 – Dalam upaya memajukan pendidikan di Kabupaten Tuban, pelatihan bertajuk “Peningkatan Kualitas Guru Bahasa Arab di SMA” telah sukses digelar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) berbasis Self-Directed Learning (SDL), menitikberatkan pada pengembangan kompetensi para pendidik bahasa Arab di tingkat Sekolah Menengah Atas.

Tim pelaksana yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) memimpin jalannya pelatihan ini dengan penuh dedikasi. Dr. Moch. Wahib Dariyadi, M.Pd, seorang ahli dalam bidang pendidikan dan pengembangan media pembelajaran, memimpin tim yang juga melibatkan Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd, M.Pd, Dr. Ibnu Samsul Huda, M.A, dan Ali Ma’sum, MA, para pakar dengan latar belakang yang kuat dalam bahasa Arab dan pembelajarannya.

Kepala Madrasah MAN 1 Tuban sangat mengapresiasi kegiatan ini dan kerjasama ini bisa berlanjut dengan baik. Dalam sambutannya beliau berharap dosen bisa bersinergi langsung dengan guru guru di tingkat sekolah ataupun madrasah, diantaranya dengan pelatihan yang diadakan di sekolah yang diinisiasi oleh perguruan tinggi.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, para peserta pelatihan diberikan pemahaman mendalam tentang pemanfaatan LMS berbasis SDL. Pendekatan ini memberikan kebebasan kepada guru untuk mengelola pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan masing-masing siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih fleksibel dan adaptif.

Materi yang pertama disampaikan oleh Dr. Ahsanuddin, membahas pembelajaran bahasa Arab inovatif dari sisi kemaharin menyimak. Dilanjutkan dengan materi yang kedua oleh Dr. Wahib Dariyadi yang membahas tentang kemahiran berbicara bahasa Arab dan media yang digunakan dalam pembelajarannya. Materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Ibnu Samsul Huda yang membahas tentang kemahiran membaca dan strategi pengajarannya. Materi yang terakhir disampaikan   oleh Ustadz Ali Maksum yang membahas tentang kemahiran menulis dan trik dalam pembelajaran menulis. Semua rangkaian materi ini disajikan dalam bentuk LMS berbasis SDL.

Pelatihan ini diharapkan bukan hanya sekadar kegiatan teoritis, melainkan juga memberikan ruang bagi guru-guru untuk mempraktikkan langsung konsep-konsep yang telah dipelajari. Dengan demikian, diharapkan para guru dapat mengaplikasikan penggunaan LMS berbasis SDL secara efektif dalam proses pembelajaran sehari-hari.

Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran bahasa Arab di SMA Kabupaten Tuban. Selain itu, pelatihan ini juga menjadi langkah awal dalam mewujudkan pendidikan yang lebih adaptif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Diakhir acara dilakukan foto bersama untuk mendokumentasikan kegiatan ini.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *