Saturday, 15 June 2024
above article banner area

Tauhid Rububiyah

Tauhid rububiyah merupakan mengesakan Allah dengan meyakini seluruh kejadian-kejadian yang hanya Allah bisa lakukan sebagai satu-satunya Dzat yang berhak disembah. Dalam tauhid rububiyah seseorang menyatakan dengan tegas bahwa Allah adalah Tuhan, Raja, Pemilik, Pencipta atas seluruh makhluk yang ada. Dengan begitu pula seseorang meyakini bahwa hanya Allah Dzat yang mengatur dan yang bisa merubah segalanya.
Tauhid rububiyah dapat diyakini melalui kejadian-kejadian yang hanya bisa dilakukan oleh Allah. Contohnya seperti menciptakan makhluk, menghidupkan makhluk, mematikan makhluk, memberi serta membagi rizki kepada seluruh makhluk, mengubah takdir, atau mendatangkan manfaat dan pertolongan kepada makhluk bahkan menolak dan mendatangkan segala mudharat atau kerusakan.
Mengesakan Allah dengan Membaca Alquran Foto: dok quranonline.net
zoom-in-whitePerbesar
Mengesakan Allah dengan Membaca Alquran Foto: dok quranonline.net
Dengan tauhid rububiyah ini juga seseorang mengimani bahwa hanya Allah lah Dzat yang dapat mengawasi, mengatur, menguasai, menghukumi sesuatu dan masih banyak lagi hal yang menunjukkan keesaan Allah. Seorang hamba juga wajib meyakini bahwa tak ada lagi sesuatu yang berhak disembah dan dapat menandingi kuasa Allah dalam bentuk apapun.
ADVERTISEMENT
Tauhid rububiyah dijelaskan dengan sangat lengkap dalam surat Al-Ikhlas ayat 1-4 yang berisi tentang bagaimana Allah berkuasa dan pengesaan Allah. Allah sangat jelas menyatakannya dalam surat Al Ikhlas,

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

qul huwallāhu aḥad

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Allāhuṣ-ṣamad

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

lam yalid wa lam yụlad

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad
Artinya: “Katakanlah!’ Dialah Allah yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya sgala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.” (QS. Al Ikhlash: 1-4)
Dari surat tersebut dapat kita sama-sama ketahui bahwa Allah merupakan Dzat yang Esa karena tidak ada sesuatu pun yang dapat menyamakan Allah. Tauhid rububiyah dapat diamalkan dalam keseharian umat islam dengan tidak melakukan dosa syirik atau menyekutukan Allah dengan menyembah sesembahan selain Allah atau yang lainnya. (DA)

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *